Siomay ayam-wortel

Hari sabtu lalu, saat bangun tidur, tiba-tiba aku membayangkan sepiring siomay disiram dengan bumbu kacang.Β Akhirnya aku segera mengeluarkan ayam fillet, udang dan kulit wonton dari freezer. Setelah semuanya di defrost, aku mulai membuat adonan siomay. πŸ™‚

Ternyata kulit wontonku sudah tidak layak pakai. 😦 Jadi aku harus naik sepeda sekitar 30 menit ke toko Asia demi si kulit wonton. πŸ˜€

Berikut resep modifikasi dari beberapa sumber di internet:

Bahan:

1 dada ayam fillet

15 ekor udang

4 siung bawang putih

100 gr tepung tapioka

2 butir putih telur

gula, garam, merica bubuk, saos tiram secukupnya

2 buah wortel ukuran sedang, diparut dengan parutan keju

Kulit wonton kukus dan goreng

Cara membuat:

  • Potong dadu ayam dan udang, geprek bawang putih, lalu masukkan kedalam food processor. Blender hingga halus.
  • Masukkan tepung tapioka, putih telur, gula, garam, merica bubuk dan saos tiram ke dalam adonan. Blender lagi hingga tercampur rata.
  • Keluarkan adonan dari food processor ke dalam wadah, lalu tambahkan parutan wortel, aduk hingga tercampur rata.
  • Adonan dibungkus dengan kulit wonton lalu dikukus selama 20 menit.
  • Setelah matang, siomay goreng bisa langsung di goreng.

siomay

Catatan:

  • Menurut beberapa website, penambahan labu siam kukus pada adonan bisa membuat siomay lebih empuk. Tapi karena aku tidak punya labu, jadi aku tidak menambahkannya.
  • Siomay goreng juga harus di kukus dulu untuk memastikan adonan ayamnya matang. Setelah itu baru di goreng. Dengan cara ini siomay tetap terasa crunchy.
  • Jangan lupa untuk mengukus sayuran pendamping siomay seperti kol, kentang, tahu dan telur.

 

 

Membuat kue cubit dengan CakePop Maker

Minggu lalu aku membeli CakePop Maker di supermarket Lidl. Kebetulan dia memberi diskon 50% untuk Doughnut dan CakePop maker. Sayang sekali Doughnut makernya sudah habis dibeli orang.

Setiba di rumah Sena langsung merengek minta dibikinin CakePop. Aku sendiri belum pernah makan CakePop, jadi aku tidak tahu bagaimana cara membuatnya. Setelah menonton video pembuatan CakePop di youtube, aku berpikir ini kok sama mirip kue cubit ya. Akhirnya kuputuskan membuat kue cubit dengan CakePop Maker πŸ˜€

Alhamdulillah berhasil. Sena suka kuenya apalagi bentuknya mirip planet-planet kesukaan dia. Dia bilang; Bunda, ini bentuknya kayak Saturnus, karena punya ring. Yang itu Jupiter, karena punya storm πŸ˜€

Kue cubit ala CakePop maker
Kue cubit ala CakePop maker

Resepnya seperti ini:

2 cup tepung terigu

1.5 cup gula pasir

1 sdt baking powder

1 telur

5 sdm mentega cair

50 ml susu cair

sejumput garam

vanili

Cara membuat:

  • kocok telur dan gula hingga mengental, tambahkan garam, tepung terigu dan baking powder (diayak). Bergantian, tambahkan susu, mentega cair dan vanili.
  • Panaskan CakePop maker hingga lampu hijaunya menyala. Oleskan mentega cair ke setiap lobang. Tuang adonan ke dalam lobang-lobang CakePop (di isi penuh). Tutup dan masak kue sekitar 6 menit. Buka tutup CakePop maker dan angkat kue. Sajikan selagi hangat.

Cake Peta

Kue ini adalah favorit keluargaku. Aku sudah pernah membuat kue ini beberapa kali untuk buah tangan di beberapa acara yang kuhadiri. Banyak teman-teman yang bertanya bagaimana caranya membuat lapisan2 kue ini, karena menurut mereka bagus sekali hehe πŸ˜€

Aku mendapat resep yang yahud dari pusat contekan resepku, mbak Diah Didi (www.diahdidi.com) dengan sedikit modifikasi, sesuai dengan ketersediaan bahan di dapurku hehe πŸ˜€ Berikut adalah bahan dan cara membuatnya:

Bahan:

Margarin 100 gr

Butter 100 gr

Telur 5 butir

Gula 180 gr

Terigu 300 gr

Baking powder 1 sdt

Susu cair 125 ml

Pisang 2 biji

Vanila essence

Pandan pasta

Coklat bubuk

image

Cara membuat:

Ayak terigu dan baking powder

Haluskan pisang dengan garpu

Kocok margarin, butter dan gula hingga putih dan lembut

Tambahkan telur satu persatu dan vanila

Masukkan pisang lalu terigu

Bagi adonan menjadi dua. Salah satunya di beri pandan pasta menjadi adonan berwarna hijau

Tuang adonan awal (kuning) kedalam cetakan

Taburkan coklat bubuk dengan ayakan di atas adonan kuning hingga merata

Tuang adonan hijau, lalu taburkan coklat bubuk diatasnya

Terakhir tuang adonan awal (kuning) diatasnya

Masukkan dalam oven yang telah dipanaskan dengan suhu 170 C selama 40 menit/sampai matang.

Resep brownies tabur keju

Siang ini ada teman datang berkunjung. Sayang aku sedang tidak punya makanan yang bisa disuguhkan. Lalu aku berpikir bikin kue apa yang mudah, murah dan tetap enak dengan bahan yang ada d rumah. Lalu aku berpikir untuk membuat brownies.
Ternyata bikin brownies mudah dan bahannya ga ribet. Berbekal contekan resep dari mbak Diah Didi (www.diahdidi.com), aku membuat brownies dibawah ini. πŸ™‚

image

Bahan:
Coklat batang 50 gr (dilelehin)
Telur 2 butir
Gula 75 gr
Garam
Minyak goreng 60 ml
Terigu 50 ml
Coklat bubuk 1.5 sdm
Baking powder
Cara membuat:
Dengan menggunakan mixer, campur telur dan gula hingga berwana pucat.
Lalu tambahkan coklat dan minyak goreng.
Setelah itu campurkan tepung terigu, coklat bubuk dan baking powder.
Adonan d tuang ke dalam cetakan lalu panggang d oven dengan suhu 180 C selama 20 menit/sampai matang.
Setelah agak dingin, taburkan keju parut d atas nya.

PS: rasa brownies setelah didiamkan semaleman ternyata lebih enak dari pada yang baru selesai dipanggang yah hehe…:D *baru tau*

Resep Choco muffins

Pagi-pagi Sena merengek minta makan. Aku bingung mau ngasih sarapan apa, karena roti tawarku sudah habis. Lalu aku tanya apakah Sena mau muffins, dia langsung menjawab IYA. Lalu aku segera pergi ke dapur membuat muffins yang menurutku adalah kue paling murah, cepet bikinnya tapi lumayan enak hehe πŸ˜€
Kali ini aku membuat Choco muffins bertabur kacang almond.
Bahan:
Terigu 200 gr
Baking powder 1 sdt
Coklat bubuk 1,5 sdm
Telur 1 biji
Susu cair 125 ml
Minyak goreng 50 ml
Gula 80 gr
Vanila essence
Garam sedikit

image

Cara membuat:
Di baskom, ayak terigu, baking powder dan coklat bubuk.
Di baskom lain, campurkan telur, gula, garam, vanila, susu dan minyak goreng. Kocok dengan whisker hingga larut semua.
Tuang adonan cair ke dalam adonan kering, lalu aduk rata dengan whisker saja.
Setelah itu tuang adonan kedalam cetakan muffins. Taburin dengan kacang almond (kalau ada).
Panggang kue dalam oven 170 C selama 20 menit/ sampai matang

Kue ini is so simple, ingredientnya, bahan2 dan cara memasaknya. Preparation timenya sekitar 30 menit ( dah sama ngovennya).
PS: resep ini jadi 12 muffins ukuran sedang. Agar bentuk muffins lumayan bagus, adonan d tuang ke dalam cetakan hingga 3/4 bagian cetakan atau kurang lebih 1.5 sendok makan.

Kue ku ala aku

Menurutku tinggal d luar negeri bisa menumbuhkan kreatifitas seseorang. Terutama dalam hal masak-memasak. Kalau ingin makan sesuatu, trus ga bisa beli atau ga ada yg bisa bikinin, ya kita bikin sendiri saja. Tentu dengan bahan ala kadarnya. Ga harus perfect dalam hal rasa dan penampilan, yang penting keinginan kita terpenuhi. Itu prinsipku hehe… πŸ™‚
Demikian pula saat aku pengen banget kue yang satu ini. Susah nyarinya, meski datang ke resto2 indo yang ada di belanda. Biasanya ada di bazar2 makanan indo kalau ada event tertentu, misal pesta rakyat dll. Daripada pusing nyari/beli, aku bikin sendiri aja. Referensi resep banyak besliweran di internet, tinggal pilih yg paling mudah dan bahan/alatnya ada di dapur hehe… πŸ™‚
Mari kita mulai bikin kue ku ala aku πŸ™‚
Bikin isinya dulu, bahannya:
200 gr kacang merah
Gula putih
Garam
Caranya:
Rendam kacang merah semaleman, lalu rebus sampai empuk (proses memasak ini cukup lama, bisa ditinggal ngerjain yg lain).Saat airnya sudah tinggal sedikit masukkan gula dan garam secukupnya, sesuaikan kadar manisnya dgn taste anda. Setelah matang, angkat dari kompor lalu haluskan dengan ulekan. Dinginkan.

Lalu membuat kulitnya, bahannya:
250 gr tepung ketan
150 gr kentang rebus, haluskan
100 gr gula
Garam secukupnya
50 ml santan
100 ml susu cair (aku pake campuran ini karena ga mau pake santan banyak2, kalau di sini harga santan lebih mahal dr susu dan lebih susah nyarinya)
Pewarna makanan
Cara membuat:
Hangatkan susu-santan
Campurkan tepung ketan, kentang, gula, garam lalu tuang campuran susu sedikit2. Uleni adonan hingga kalis, jangan lupa masukkan pewarna makanan. Ambil sebagian adonan, pipihkan lalu masukkan isi. Setelah itu adonan d bentuk sesuai selera. Aku sih membuat bentuk bulat, biar gampang. Harusnya kan memakai cetakan kue ku, kalau ga ada ya ga papa. πŸ™‚
Siapkan kukusan diatas kompor, masak kue sekitar 15 menit. Done. πŸ™‚

image

Tips:
Setelah dibentuk, kue di taruh di alumium foil yg sudah di olesin minyak goreng agar tidak lengket dan mudah di lepas saat mau makan.
Setelah matang, kue di olesin minyak goreng agar tidak kering.

kue lapis tepung beras

Kali ini aku mencoba membuat kue lapis tepung beras karena aku sudah punya kukusan hihi…beli di ikea, murah meriah hati gembira. Resep kuenya aku modifikasi dari resepnya mbak Diah Didi (http://www.diahdidi.com/2013/02/jongkong-surabaya.html). Never imagine this cake is so easy to make hihi πŸ˜›

So, here are my ingredients:

250 gr tepung beras

50 gr tepung tapioka

250 gr gula

1 sdt garam

300 ml santan Kara, di tambah air hingga mendapat 1 L santan

Pewarna makanan (harusnya warna hijau, tapi aku ga punya pasta pandan, jadinya pake pasta cocopandan yang berwarna pink)

Cara membuat:

Panaskan panci dan kukusan.

Campur semua bahan kecuali pewarna, aduk hingga rata. Bagi dua bagian dan tambahkan pewarna pada salah satu bagian.

Tuang 100 ml adonan putih ke wadah di dalam kukusan. Tunggu +/- 10 Β menit, lalu 100 ml tuang adonan yang pink. Begitu seterusnya hingga adonan habis. Adonan terakhir di kukus hingga 20 menit (sampai matang).

DInginkan dan sajikan πŸ™‚

kue lapis pink
kue lapis pink