Mengenalkan Islam pada anak

Mengenalkan Islam pada anak kecil menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua yang tinggal di negara non-muslim. Kadang susah, tapi bukan berarti tidak bisa. Banyak keluarga muslim Indonesia yang mempunyai putra-putri sholeh dan sholehah. Pintar mengaji, berkepribadian sopan dan baik, berpakaian rapi bahkan banyak yang memakai jilbab sejak kecil. Mereka pun cukup cerdas dan berprestasi di sekolah. Aku dan suami harus banyak belajar dari senior-senior ini yang InsyaAllah sudah terbukti metodenya dalam mendidik anak di Belanda.

Sholat Jumat di Masjid AL Fatih
Sholat Jumat di Masjid AL Fatih

Salah satu ihktiar kami mengenalkan Islam kepada Sena adalah membawanya ke masjid untuk sholat Jumat, jika ada hari libur yang bertepatan dengan hari Jumat. Seperti setiap hari Jumat selama liburan musim panas kemarin. Ternyata dia senang pergi ke masjid, tanpa janji-janji apapun. Dia duduk disamping ayahnya dan mengamati orang-orang yang sholat di masjid. Dia melihat perbedaan bentuk masjid (moskee) dan gereja (kerk). Aku menjelaskan, karena Sena muslim, sena pergi ke moskee untuk sholat. Sedangkan Fabian pergi ke Kerk untuk beribadah karena dia Kristen. Fabian adalah sahabat baik Sena di sekolah.

Alhamdulillah sejak seminggu lalu, Sena rutin ikut aku sholat Dhuhur dan Ashar. Meskipun kadang dia masih sholat sambil goyang-goyang, melongok kesana kemari, buka-buka mukenaku untuk melihat bagaimana posisi tanganku. Tapi aku sangat bangga dan menghargai usahanya untuk belajar sholat. Jadwal sholat yang lain masih terlalu sulit untuk dia ikuti. Subuh di Belanda jatuh di jam 4.30 pagi, Maghrib jam 8.30 malam dan Isya’ jam 11.20 malam. Dia mengikuti gerakan-gerakan sholat dan menirukan bacaan Al Fatihah dan surat-surat pendek yang kubacakan. Sengaja aku membaca surat-surat yang sudah dia hafal seperti Al Iklas, An Naas dan Al Falaq. Tapi itu semua karena dia sedang liburan sekolah. Sejak hari ini Sena masuk kembali ke sekolah. Semoga dia masih mau meneruskan kebiasaan ini.

Mengulang ulang halaman ini hingga lancar (Iqra 3)
Mengulang ulang halaman ini hingga lancar (Iqra 3)

Selain membiasakan sholat, Sena juga rutin mengaji. Meskipun ada TPA di kota kami, tapi Sena tidak bisa ikut karena jadwalnya yang kurang pas. Akhirnya Sena belajar sendiri di rumah, di ajar oleh ayahnya. Sena mengaji tiap sore hari selama kurang lebih 15 menit. Alhamdulillah sekarang Sena sudah berada di pertengahan Iqra 3. Setelah membaca Iqra, Sena menghafal surat pendek lalu tidur.

Kami membiasakan Sena memakai baju yang rapi jika pergi keluar rumah. Ternyata Sena suka memakai baju koko, bahkan untuk pergi ke sekolah. Hari Jumat adalah hari dimana dia memakai baju koko atau batik dari Indonesia. Dia sangat bangga dan menceritakan tentang bajunya kepada bu guru dan teman-teman di sekolah. Alhamdulillah, pihak sekolah pun tidak mempermasalahkan dia memakai baju yang sedikit “berbeda” dari teman-temannya.

Sena suka memakai baju koko
Sena suka memakai baju koko

Kami juga berusaha mengenalkan Sena pada Allah. Saat dia senang, kami ingatkan dia bahwa kesenangan itu berasal dari Allah dan Sena harus mengucapkan Alhamdulillah atau danke wel Allah. Saat dia pengen sesuatu, kami biasakan dia untuk berdoa meminta pada Allah. Terlebih jika dia sakit atau salah satu dari kami sakit. Dia akan segera berdoa: Ya Allah, Sena mau Bunda better. Danke wel Allah. 🙂

Meski hingga saat ini hanya ini yang bisa kami lakukan untuk mengenalkan Sena pada Islam, insyaAllah kami akan konsisten. Sehingga nilai-nilai Islam akan tetap dipegang teguh oleh Sena hingga dewasa nanti, sebagai pegangan hidupnya. Dan menjadikan dia sebagai anak yang sholeh. Amiiin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s