Tips berhemat di negeri orang

Memasak makanan sendiri sudah terkenal sebagai salah satu cara berhemat saat tinggal di negeri orang. Apalagi jika kita tinggal di negara dimana kita susah mencari makanan yang cocok (aman dan halal) untuk kita konsumsi. Tentu saja memasak makanan sendiri tidak perlu rasanya enak, yang penting bisa dimakan. Jangan khawatir, lama-lama kita bisa belajar dari kesalahan dan akhirnya bisa memasak dengan benar (dan rasanya menjadi enak).

Sudah 6.5 tahun lamanya aku dan keluarga tinggal di Belanda. Meski tidak sulit mencari rendang, soto, bakso dan lain-lain di sini, tapi kami lebih sering memasak sendiri makanan-makanan itu di rumah. Selain lebih murah (dan halal), menurutku rasanya lebih enak dari pada beli di restoran Indonesia disini. Karena rasa masakan-masakan itu kadang sudah di sesuaikan dengan lidah orang Eropa yang tidak tahan pedas dan lain-lain. Meski begitu, kadang aku juga beli masakan-masakan yang benar-benar tidak bisa saya masak, seperti pempek dan masakan padang.

Sebagai ibu rumah tangga, tentu aku ingin bisa berhemat dalam hal mengelola pengeluaran keluarga. Meski agak susah, bisa menghemat 1-2 euro seminggu saja aku sudah senang haha πŸ˜€ Selain memasak makanan sendiri, berikut beberapa hal yang sering kulakukan untuk berhemat:

1. Sebelum belanja di supermarket, cek diskon apa saja yang sedang berlaku di supermarket tersebut. Coba rencanakan menu keluarga berdasarkan bahan-bahan kebutuhan dapur yang sedang di diskon.

2. Tanam daun bawang, seledri dan mint sendiri di rumah. Caranya: beli daun bawang yang masih ada akarnya, potong bagian daunnya dan tancapkan akarnya ke tanah. Dalam 2 minggu, daun baru bisa di potong. Begitu juga dengan seledri dan mint.

3. Buat taoge sendiri. Caranya: ambil segenggam kacang hijau. Cuci dan rendam kacang hijau semalaman. Lalu di cuci dan ditiriskan. Simpan di wadah kering, tutup dengan plastik wrap, tusuk-tusuk plastik dengan garpu. Simpan di tempat gelap dan hangat. Cuci dan tiriskan kacang hijau 2x sehari. Dalam 3 hari taoge siap di konsumsi untuk soto atau rawon. Dalam 4 hari taoge cocok untuk di hidangkan di nasi pecel atau bakwan.

4. Di musim semi, coba tanam cabe, terong, buncis dan sayuran lain yang sering kita konsumsi. Tentu saja pilih yang mudah di tanam dan perawatannya tidak mahal.

6. Untuk cemilan anak, cobalah belajar memasak kue sendiri. Misalnya pancake, muffins, banana cake, cheese cake dll. Kue-kue ini adalah kesukaan anak-anak tapi harganya lumayan mahal. Jadi kalau bisa bikin sendiri kita bisa memuaskan anak dan perut pun jadi kenyang πŸ˜€

Tips dariku segitu saja, kalau ada tips lain nanti akan kutambahkan. Jika tertarik, silahkan mencoba. Semoga bermanfaat. πŸ™‚

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s