Play date (Afspreken)

Sejak menjadi murid basisschool, Sena mulai mendapat undangan play date (afspreken) sepulang sekolah. Dalam play date, dua atau tiga anak bermain bersama sepulang sekolah di salah satu rumah anak-anak tersebut selama 2-3 jam. Biasanya orang tua meninggalkan mereka bermain dibawah pengawasan tuan rumah, lalu setelah 2-3 jam mereka akan di jemput.

Awalnya aku enggan membawa Sena untuk play date karena aku khawatir Sena (dan aku) tidak bisa berkomunikasi dengan temannya. Karena aku tidak bisa berbahasa Belanda. Tapi lama-lama aku menyadari bahwa play date adalah hal yang biasa untuk anak-anak seusia Sena dan penting untuk proses adaptasi dan bergaul di sekolah. Maka aku izinkan dia play date di rumah Kyan. Kyan adalah anak keturunan Indonesia-Korea-Belanda. Aku kenal baik dengan ibunya. Jadi aku bisa ikut ke rumah Kyan saat play date Sena yang pertama. Aku ingin melihat bagaimana aktivitas Sena saat play date. Ternyata Sena tidak punya masalah komunikasi dengan Kyan (dan mamanya), dia juga bersikap sopan, tidak kasar saat bermain.

Akhirnya undangan play date berdatangan, dari Roel, Luuk, Meintje, Fabian, dll. Sampai saat ini Sena sudah beberapa kali main ke rumah temannya, tapi hanya satu anak yang main ke rumah Sena. Aku memang masih merasa takut jika tidak bisa mengerti/menjawab pertanyaan teman-teman Sena, jika mereka main ke rumah. Lagipula teman-teman Sena punya mainan lebih banyak darinya. Sena selalu senang saat pulang ke rumah setelah play date. 😀

Sena and Fabian play date
Sena and Fabian play date

Tapi menurutku, lebih baik aku menjadwalkan kegiatan ini agar Sena lebih disiplin waktu. Misalnya play date hanya dilakukan 2x seminggu. Aku melihat kegiatan ini punya sisi positif juga. Sena jadi punya lebih banyak teman, kemampuan berbahasanya meningkat dan dia lebih mandiri (main tanpa di temani orang tua). Dia juga belajar bagaimana bersikap di rumah orang lain. Orang tua teman-teman Sena juga mulai mengenal kami dan tidak segan lagi menyapa kami jika bertemu di sekolah atau di jalan. 🙂

Leave a Reply

