Diaper-free debut for Sena

Hari minggu lalu kami di undang makan siang di restoran oleh teman di Rotterdam. Aku memutuskan untuk tidak memakaikan diaper untuk Sena. Selama 2 minggu ini Sena sudah melepas diapernya selama di playgroup dan ,Alhamdulillah, program ini cukup berhasil. Aku hanya sekali membawa pulang celana kotornya dari sekolah. Jadi kupikir Sena sudah cukup siap untuk melakukan diaper-free debut di hari itu.

Sesampai di rumah teman di Rotterdam, aku membawa Sena untuk pipis. Setelah itu kami berangkat ke restoran. Disana aku sering bertanya pada Sena apakah dia mau pipis. Akhirnya dia bilang mau pipis. Aku meminta suamiku untuk menemaninya pipis di toilet laki-2. Meski Sena masih kecil, aku merasa kurang nyaman membawanya ke toilet perempuan. Alhamdulillah selama di restoran Sena tidak mengompol.

Setelah itu kami istirahat sebentar di rumah teman sambil menunggu jam untuk menghadiri undangan makan malam seorang teman yang lain (masih di Rotterdam). Tiba-2 Sena minta diantar ke toilet untuk BAB. Alhamdulillah, tes diaper-free kedua hari itu bisa terlewati.

Akhirnya kami berangkat ke restoran untuk makan malam bersama teman. Sesampai disana aku bertanya pada Sena apakah dia ingin pipis. Dia bilang tidak. Tapi saat anak temanku pergi ke toilet untuk pipis, Sena juga ikut, dan akhirnya dia pipis di toilet. Alhamdulillah tes diaper-free ketiga hari itu bisa di lalui.

Kami tiba di rumah menjelang jam 9 malam. Setiba di rumah kami ajak Sena ke toilet untuk pipis, sikat gigi dan cuci muka. Lalu bawa ke kamar untuk tidur. Alhamdulillah diaper-free debut kali ini berhasil. Sena sama sekali tidak ngompol. Kami sangat bangga padanya. 🙂

Leave a Reply

