My inspirational people…

Inspirasi bisa didapat dari siapa saja, kapan saja, dimana saja.

Akhir-2 ini aku bertemu dengan orang-2 yang memberi banyak inspirasi padaku. Aku bersyukur bisa mendapat kesempatan bertemu dengan mereka. Bukan hanya inspirasi untuk masalah pribadi tapi juga tentang keluarga, hubungan dengan masyarakat, profesionalitas dan lain-2. Mereka bukan public figure, hanya orang biasa yang jalan hidupnya kadang penuh liku.

Aku bertemu seorang survivor cancer yang dengan gigih menyelesaikan PhDnya meski masih dinyatakan sakit. Merawat anak, melayani suami, menjaga keluarga dan tetap berkontribusi pada sains dan teknologi, karena beliau merasa disitulah passionnya berada. Beliau tidak ingin otaknya membeku, maka meski hanya sebagai volunteer (tidak digaji) beliau menjadi postdoct di sebuah universitas ternama di negeri ini. Begitupun suaminya yang tidak kalah seru pengalaman hidupnya. Merawat istri yang sedang sakit, menjaga anak, dan menyelesaikan PhDnya adalah pencapaian yang luar biasa menurutku. Ditambah mereka tinggal jauh dari keluarga. Dorongan dari sahabat dan keluarga sangat besar peranannya bagi kesuksesan mereka. Aku salut dengan pengorbanan dan perjuangan mereka. Menilik keadaanku…aku jadi malu…apalah aku ini 😦

Kemudian aku bertemu dengan teman lama yang kini hidupnya bagai George Clooney di film Up in the Air. Beliau traveling keliling dunia karena urusan kantor. Tapi beliau tidak pernah memperlihatkannya di depan public, keep it low profile. Mengumpulkan miles dari penerbangannya untuk membelikan tiket ibunya agar bisa menginjakkan kaki ke negara-2 lain dan melihat dunia, such a nice son. Meski sibuk, tak kurang kontribusinya pada masyarakat, menjadi aktivis untuk perkeretapian Indonesia yang lebih baik dan pendukung hak pejalan kaki di Indonesia. Beliau mengamalkan ilmunya membuat aplikasi untuk mengetahui jadwal kedatangan kereta api komuter Indonesia. Sebagai mantan pengguna kereta aku bisa membayangkan betapa banyak orang yang terbantu dengan aplikasi ini. Kembali menilik padaku…apa yang telah kusumbangkan untuk masyarakat?

Seorang kakak yang baik mengunjungiku beberapa hari yang lalu. Aku sangat terkesan dengan pencapaiannya yang kini telah menduduki posisi penting di sebuah organisasi tingkat dunia. Dulu kami mulai belajar bersama-2, tapi kini beliau telah melesat jauh keatas. Meski sibuk tidak terhingga, tapi beliau tetap mau mendengarkan ocehan, curhat dan keisenganku hampir tiap hari. Kepada orang lain beliau tetap low profile dan suka membantu. Sekali lagi menilik padaku, bagaimana aku telah memperlakukan sahabat-2ku, padahal sibuk-pun aku tidak.

Kemarin aku menghadiri acara perpisahan seorang teman yang akan kembali ke Indonesia. Aku melihat tangis kesedihan terlihat di wajah para tamu. Saat satu persatu memberi kata perpisahan, aku baru tau bahwa beliau yang akan pergi ini telah memberikan kesan yang mendalam pada semua orang. Kebaikannya, keramahannya dan kesantunannya telah menyentuh hati semua orang disini. Sebenarnya akupun pernah mendapat wejangan dari beliau disaat aku benar-2 sedang galau dengan keadaanku. Beliau berkisah tentang hidupnya yang tak kalah seru dariku, mungkin lebih berat. Tapi beliau dan keluarga tetap semangat dan optimis dalam menjalani hidup. Apapun masalah yang dihadapi, beliau selalu berusaha positive thinking dan mengambil hikmahnya. Marah dan kalut selalu ditekan dengan doa, kesabaran, keikhlasan dan kerja keras. Semua beliau kembalikan pada Allah SWT. Kedewasaan beliau ini benar-2 menginspirasiku. Hingga kemarin aku memegang tangannya dan hanya bisa berkata….terimakasih Mbak, terimakasih atas semuanya.  Melihat pada diriku sendiri…setelah mendapat wejangan dari beliau, menjadi seperti apa diriku? sepertinya tidak lebih baik dari sebelumnya.

Masih banyak orang-2 yang datang dan pergi dalam hidupku, yang mereka sadari atau tidak telah menginspirasiku dalam berbagai hal. Semoga aku tetap mengingat hal-2 positive tentang mereka, mengambil pelajaran dari mereka dan kalau bisa menjadi seperti mereka. Amiiiin.

PS: untuk semua yang telah kuceritakan di atas….terimakasih telah menjadi bintang di hidupku. Tetaplah bersinar dan menyinari langkahku…. 🙂

 

One thought on “My inspirational people…

  1. WELL WRITTEN!!

    you should not say you are not busy…
    saya aja salut sm dikau… PhD student, ibu rumah tangga dengan anak yang masih balita yang tentunya perlu perhatian lebih, tinggal di luar negeri, tapi tetap fight untuk menyelesaikan PhDnya walaupun dengan segudang masalah.
    Disamping itu, dikau udah memproduksi beberapa tulisan, bahkan berkontribusi untuk membuat buku. Artinya potensimu di ‘ujung pena’ sangat tinggi.
    Tulisan2mu bagus dan menginspirasi banyak orang juga. saya aja senang baca tulisan2mu, termasuk tulisan ini.
    saya dapat pelajaran dan pengetahuan dari sisi yang lain..;)..
    tetaplah menulis dan kembangkan…bukan nulis status di FB, ya…:D (untung dikau jarang nulis status di FB..hihi)

    salam dari Hannover..

Leave a Reply

