Kue ku ala aku

Menurutku tinggal d luar negeri bisa menumbuhkan kreatifitas seseorang. Terutama dalam hal masak-memasak. Kalau ingin makan sesuatu, trus ga bisa beli atau ga ada yg bisa bikinin, ya kita bikin sendiri saja. Tentu dengan bahan ala kadarnya. Ga harus perfect dalam hal rasa dan penampilan, yang penting keinginan kita terpenuhi. Itu prinsipku hehe… πŸ™‚
Demikian pula saat aku pengen banget kue yang satu ini. Susah nyarinya, meski datang ke resto2 indo yang ada di belanda. Biasanya ada di bazar2 makanan indo kalau ada event tertentu, misal pesta rakyat dll. Daripada pusing nyari/beli, aku bikin sendiri aja. Referensi resep banyak besliweran di internet, tinggal pilih yg paling mudah dan bahan/alatnya ada di dapur hehe… πŸ™‚
Mari kita mulai bikin kue ku ala aku πŸ™‚
Bikin isinya dulu, bahannya:
200 gr kacang merah
Gula putih
Garam
Caranya:
Rendam kacang merah semaleman, lalu rebus sampai empuk (proses memasak ini cukup lama, bisa ditinggal ngerjain yg lain).Saat airnya sudah tinggal sedikit masukkan gula dan garam secukupnya, sesuaikan kadar manisnya dgn taste anda. Setelah matang, angkat dari kompor lalu haluskan dengan ulekan. Dinginkan.

Lalu membuat kulitnya, bahannya:
250 gr tepung ketan
150 gr kentang rebus, haluskan
100 gr gula
Garam secukupnya
50 ml santan
100 ml susu cair (aku pake campuran ini karena ga mau pake santan banyak2, kalau di sini harga santan lebih mahal dr susu dan lebih susah nyarinya)
Pewarna makanan
Cara membuat:
Hangatkan susu-santan
Campurkan tepung ketan, kentang, gula, garam lalu tuang campuran susu sedikit2. Uleni adonan hingga kalis, jangan lupa masukkan pewarna makanan. Ambil sebagian adonan, pipihkan lalu masukkan isi. Setelah itu adonan d bentuk sesuai selera. Aku sih membuat bentuk bulat, biar gampang. Harusnya kan memakai cetakan kue ku, kalau ga ada ya ga papa. πŸ™‚
Siapkan kukusan diatas kompor, masak kue sekitar 15 menit. Done. πŸ™‚

image

Tips:
Setelah dibentuk, kue di taruh di alumium foil yg sudah di olesin minyak goreng agar tidak lengket dan mudah di lepas saat mau makan.
Setelah matang, kue di olesin minyak goreng agar tidak kering.

Advertisements

2 thoughts on “Kue ku ala aku

  1. pit, disana juga susah ya cari daun pisang untuk alas kue ku nya?
    waaahh, harga susu lebih murah daripada santen? pantesan aja mereka berani susu untuk makanan2nya.
    kalo disini kan kebalik πŸ˜€

    1. daun pisang sih ada Ratu, tapi mahal. Trus belinya agak jauh. jadi aku pake aluminium foil aja. Bikin pepes juga pake itu hihi πŸ˜›
      Yup, susu harganya 50 cent/liter, santan yang bagus 2-3 euro/liter πŸ˜›

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s