Pempek Delft ala AvS 112

Kepingin pempek dah sejak berbulan2 lalu. Pas liburan ke indo juga ga sempet beli pempek. Akhirnya memutuskan untuk bikin sendiri aja. Browsing-2 resep yang mudah dan pake ikan pangasius (kebetulan ada di kulkas). Setelah mengira-2 dan mengkombinasikan beberapa resep aku bikin resepku sendiri hehe πŸ˜€

Pempek ala AvS 112, Delft
Pempek ala AvS 112, Delft

Bahan:

1 zak ikan pangasius (600 g)

tepung tapioka (150 g)

bawang putih bubuk (5 sdm)

garam (secukupnya)

telur (1 butir)

bahan saus:

gula merah (100 g)

asam jawa (1 sdt)

cabe (secukupnya)

bawang putih (5 butir)

Cara membuat

Pertama, bikin kuahnya dulu lalu diamkan semalam. Larutkan gula merah dalam air mendidih. Haluskan cabe, bawang putih dan garam secukupnya. Setelah gula larut masukkan bumbu yang di haluskan dan asam jawa. Aduk dan diamkan semalam hingga keasamannya benar-2 terasa.

Kedua, membuat pempeknya. Haluskan ikan, campur dengan tepung tapioka, bawang putih bubuk, garam dan telur. Bentuk adonan menjadi bulatan atau memanjang. Rebus dalam air mendidih hingga mengambang. Tiriskan lalu goreng hingga kecoklatan. Dinginkan, potong-2 lalu siap dihidangkan.

Simple, waktu pengerjaan kurang dari 1 jam (minus bikin saus di malam sebelumnya). Cara bikinnya juga mirip dengan bakso yang biasa kami buat, cuma bahannya kali ini adalah ikan. Jadi kalau bahannya daging sapi namanya bakso, kalo daging ayam campur udang namanya somay (yang digoreng namanya batagor). Kalo bahannya ikan saja namanya pempek hehe πŸ˜€

Next wish: otak-2 (kyknya mirip dengan pempek, tapi di bakar instead of di goreng) πŸ˜‰

Advertisements

4 thoughts on “Pempek Delft ala AvS 112

  1. Terimakasih sudah mampir mba Ety, iya namanya emang agak aneh hehe. Saya pun baru tau ikan ini pas tinggal di NL. Dari hasil googling saya melihat bahwa hampir semua resep pempek dari ibu2 yang tinggal di luar indonesia memakai ikan jenis ini, karena susah mencari ikan tengiri. Mungkin karena ikan ini sudah tidak berduri, dagingnya lembut dan berwarna putih. Salam kenal kembali ya mbak Ety, blog-nya keren sekali dan banyak informasi bermanfaat πŸ™‚

    1. Rasanya enak-an tengiri jeng, yang ini lebih hambar. Tapi boleh lah, masih kerasa rasa ikannya. Disini ada resto terkenal (di kalangan WNI) yang menjual pempek ikan tengiri. Tapi aku ga tau dia beli ikannya di mana haha. Kabarnya dia juga make tepung sagu khusus dari indo, makanya pempeknya mayan mahal πŸ˜› Kalau aku bikin dari bahan seadanya aja, sekedar memuaskan lidah πŸ˜‰

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s