Menjadi pemulung di negeri orang :D

Pasti tidak ada yang membayangkan akan menjadi pemulung, apalagi di negeri orang. Jauh-jauh kita pergi menuntut ilmu/ bekerja di luar negeri, tapi malah jadi pemulung. Iya, menjadi pemulung !!!

Kalau kupikir apa salahnya, hehe 😀 Barang yang kita pulung kondisinya masih baik dan berfungsi dengan baik pula. Daripada dibuang begitu saja, barang-2 itu kuambil dari tempat pembuangan, dibersihkan sedikit (kalau perlu di cat) dan voilaaa…kita bisa langsung memakainya 🙂

Saat tinggal di korea, alhamdulillah aku mendapat tempat sekolah yang cukup bagus dan beasiswanya lumayan besar. Jadi bisa dikatakan aku ga punya masalah keuangan di sana. Tetapi beberapa teman di universitas lain tidak seberuntung aku. Karena ingin berhemat, mereka rela gotong-gotong kasur, kursi, meja, lemari dan monitor komputer yang mereka temukan di tempat pembuangan. Saling membeli dan memakai barang bekas-pun adalah hal yang biasa. Saat seorang di antara kita mau pulang kampung, biasanya mereka menjual sebagian barang-barangnya seperti mesin cuci, tivi, meja-kursi, dll.

Hal seperti itu ternyata juga kualami saat tinggal di Belanda. Bisa di bilang lebih dari 50% barang-barang di rumahku adalah barang temuan dari tempat pembuangan, limpahan teman yang pulkam, hadiah dan beli dari website atau toko barang bekas. Seingatku kami hanya membeli baru sofa, meja, tv dan lemari baju. Menurutku orang belanda lebih parah dari orang korea dalam hal membuang barang. Mereka benar-benar tidak sayang membuang barang yang sebenarnya masih bagus hanya karena bosan atau ingin ganti suasana.

Disini aku tidak malu mengambil barang bekas di tempat pembuangan (di Indonesia juga sih, tapi masalahnya di Indonesia, barang yang sudah dibuang berarti sudah rusak, jadi ga bisa dipakai lagi 😀

Berikut adalah beberapa website untuk mendapatkan barang bekas tapi masih layak pakai di belanda:

1. http://www.marktplaats.nl/

2. http://www.kringloopdelft.nl/ –> di kota-2 lain di belanda juga ada

 

Advertisements

4 thoughts on “Menjadi pemulung di negeri orang :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s