Balcony Garden Project :)

my balcony garden

Dari kecil aku suka tanaman. Ibu dan nenekku punya banyak tanaman buah dan bunga di rumah. Aku bertugas menyiram tanaman-tanaman itu hampir setiap sore. Jadi, sedikit banyak aku tau tentang berbagai macam tanaman dan cara menanamnya.

Setelah tinggal di Belanda aku kembali menekuni hobiku bercocok tanam. Hal ini karena aku selalu takjub dengan keindahan taman dan rumah orang-orang Belanda di musim semi. Sepertinya hampir semua orang Belanda suka bercocok tanam. Aku ingin punya taman indah seperti mereka 😀 Menjelang musim semi dan gugur supermarket-supermarket di Belanda menjual berbagai macam tanaman dan tanah. Saat itulah musim tanam di Belanda dimulai.

Karena aku tinggal di apartemen (lantai 8), aku hanya punya balkon sempit di belakang rumah sebagai tempat bercocok tanam. Jadi aku harus belajar teknik bertanam/gardening yang efektif dan efisien. Aku memutuskan untuk hanya menanam sayuran yang biasa aku konsumsi dan beberapa jenis bunga. Karena tinggal di negara 4 musim, aku juga harus berpikir tanaman apa saja yang bisa kutanam di tiap musim. Biasanya aku cek di website-website gardening, kira-kira tanaman apa saja yang cocok ditanam di tiap musim.

Seperti saat ini musim panas di Belanda sudah hampir habis (menjelang musim gugur). Musim gugur adalah saat yang tepat untuk menanam umbi bunga-bunga musim semi seperti tulip, narcissus, hyacinth, dahlia, dll. Umbi-umbi ini sengaja di tanam di musim gugur agar bisa “tidur” di musim dingin dan tertutup salju. Saat musim semi nanti, umbi-umbi ini akan mulai tumbuh dan berbunga. Beberapa jenis sayuran juga bisa ditanam di musim gugur ini seperti winter spinach dan lettuce, bawang putih, daun bawang dan kentang. Untuk saat ini di balkonku ada winter spinach, tomat (cherry tomato dan tomat besar), cabe (besar dan rawit), bawang putih, daun bawang, kemangi dan seledri. Semua sayuran ini kutanam dari bijinya; biji kemangi dan seledri kuperoleh dari teman, sedangkan yang lain aku keringin dari buah-buahnya. It’s fun to see them growing day by day 🙂

Selama musim dingin nanti, daun bawang, tomat, cabe, kemangi dan seledri akan kumasukkan kedalam rumah. Ini adalah pertama kalinya aku menanam tanaman “tropis” di musim dingin. Aku berharap mereka akan tetap tumbuh dan berbuah, tentu saja dengan bantuan lampu dan pemanas. Seharusnya mereka dimasukkan ke dalam “green house”, tapi saat ini aku belum punya fasilitas ini.

flowers at home

Sedangkan jenis bunga yang sedang kutanam adalah lily, tulip, narcissus dan anggrek. Aku memilih anggrek bulan (jenis Phalaenopsis) yang tahan air (tidak perlu disiram tiap hari). Karena aku tau, aku bukan orang yang rajin hehe 😀 Tanaman anggrekku sudah berumur 2 tahun, alhamdulillah mereka sering berbunga dan setiap berbunga, bunganya bisa tahan mekar sampai 4 bulan.

Menurutku balcony garden project yang kulakukan tidak mahal dan repot. Aku memakai pot-pot bekas dan botol jus bekas untuk tempat menanam. Umbi bunga dan tanah biasanya kubeli saat ada diskon. Sebagian anggrek-ku adalah pemberian teman dan sebagian yang lain kubeli saat ada diskon. Penyiraman juga tidak terlalu sering, terutama untuk anggrek, hanya 2-3 hari sekali. Ilmu tentang tanaman dan cara bertanam biasa aku peroleh dari internet dan “experiment-experiment” kecilku 🙂

Bagiku adalah sebuah kepuasan tersendiri melihat bunga-bunga itu mekar dan sayuran-sayuran itu bisa dipetik dan dinikmati. Semoga aku bisa “istiqomah” dalam project ini. Amiiin 🙂

4 thoughts on “Balcony Garden Project :)

    1. Hi mbak Audra, tinggal di NL juga yah, salam kenal..:D hehe iya nih, aku juga berencana menambah koleksi tanaman bumbu indonesia seperti kunyit dan jahe, siapa tahu berhasil. Selamat mencoba and good luck ya mbak..;)

  1. aku demen liat ijo2 daun aja, tapi gag hobi berkebun. mangkanya kalo punya tanah lebih, aku malahan pengennya punya taneman imitasi… wakakakakak

Leave a Reply

