Sena’s visit to the country of morning calm..^^ (Part 1)

Suatu hari di tengah awal bulan oktober 2011, bunda menerima email dari KIST (kampus lama bunda di Korea). Isinya tentang undangan untuk mengikuti Reuni di Seoul. Bunda langsung kontak-2an dengan oom Boya (sesama alumni KIST) di Jerman, mau datang atau tidak. Kami bercanda kalo mereka mau ngebayarin tiket pesawatnya kami mau datang. Tiba-tiba seminggu kemudian email kedua datang. Isinya mengabarkan bahwa KIST akan menanggung tiket pesawat dan akomodasi semua alumni yang akan datang ke acara Reuni. Yiiiipy, pucuk dicinta ulam pun tiba…:D Bunda dan oom Boya serentak mengiyakan undangan itu…Seoul, we’re coming.

Sekarang masalahnya adalah, how about Sena dan ayah? Tanpa ba bi bu, ayah mengiyakan, kami ikut ke Seoul….haha, soalnya ayah juga kangen balik kesana lagi. Kangen suasana dan makanan2 disana…hehe. Akhirnya, dalam sebulan kami harus menyelesaikan masalah visa, tiket pesawat dan pekerjaan di kantor. Kami akan terbang ke Seoul tanggal 15 november dan kembali ke Belanda tanggal 21 november. We’re so excited…^^

Untuk akomodasi, selain tinggal di hotel yang sudah di sediakan KIST (16-18 november), disisa hari yang lain kami minta bantuan mantan adik-2 kelasku yang masih kuliah di KIST. Alhamdulillah masalah visa juga bisa cepat selesai dan tiket pesawat sudah di booking. Untuk mendapatkan tiket murah, perjalanan kami nanti agak panjang. Rute perjalanan kami adalah sebagai berikut:

Berangkat: Amsterdam-Frankfurt-Seoul

Pulang: Seoul-London-Amsterdam

Masing-2 total perjalanan adalah 18 dan 19 jam. Cukup lama dan pasti sangat melelahkan, terutama buat Sena. Makanya bunda harus cermat mempersiapkan semua kebutuhan Sena di pesawat dan di Seoul. Cuaca musim gugur di Seoul yang cukup dingin juga harus menjadi pertimbangan. Apalagi Sena masih suka batuk dan pilek, semua obat-2annya harus di bawa.

Koper kecil yang dibawa ke kabin penuh dengan baju-2 Sena, mainan, obat-2, biskuit, gendongan, popok, tisu basah dan susu bubuk. Sedangkan koper besar berisi baju dan keperluan pribadi kami dan sebagian baju Sena. Kami sengaja tidak mengisi penuh koper besar ini karena berharap bisa membawa banyak oleh-2 dari Seoul…hihi, terutama bumbu-2 masakan. We’re so fond of Korean food…;)

Hari H tiba. Kami dijemput oleh Ahmed (mobil charter) untuk ke bandara Schipol. Cuaca hari itu tidak bagus, dingin dan berangin. Sena juga lagi kambuh pileknya. Sepanjang jalan bunda berdoa semoga Sena ga demam nanti. Alhamdulillah dalam perjalanan dari Amsterdam-Frankfurt tidak ada masalah yang berarti. Tapi di Frankfurt kami harus berjalan cukup jauh untuk transfer. Trus kami harus lari-lari nyari loket check in juga, karena pesawatnya beda. Sena sudah agak rewel, kasian sekali. Alhamdulillah setelah masuk pesawat dia lebih tenang. Tempat duduk kami lumayan lega, hari itu kelihatannya tidak banyak penumpang. Pramugari Asiana juga sangat ramah melayani kami. Pada malam hari Sena agak rewel karena batuk pileknya, badannya juga agak anget. Sepanjang malam dia tidur di pangkuan bunda sambil memeluk Sidney.

Setiba di Seoul, demam Sena cukup tinggi, bahkan dia harus berhenti di IR check point. Alhamdulillah bunda bisa meyakinkan ajoshi-2 itu bahwa Sena cuma demam biasa, karena perubahan suhu. Akhirnya kami diperbolehkan lewat. Setelah mengambil bagasi, kami berjalan-2 sebentar di bandara Incheon sambil menunggu bus ke KIST berangkat. Sena juga terlihat senang bisa berjalan-2. Mungkin dia capek dan bosan duduk terus di pesawat. Menjelang sore bus kami berangkat ke KIST. Bring back my memory to 2006, when I arrived at Seoul for the first time…:)

Sampai di KIST kami di jemput oleh tante Indri (adik kelas bunda), kami menginap di rumah Indri semalam.