Toddler menu

Semakin besar, Sena makin bisa merasakan mana makanan enak dan tidak enak. Dia suka makanan manis tapi juga suka makanan gurih/ asin. Dia suka keju (dan biskuit2 berasa keju/asin). Snack manis dia juga banyak mulai dari wafel, coklat, biskuit kelinci (bentuknya kelinci kkkk) dan biskuit marrie. Sebenarnya aku mulai khawatir Sena kebanyakan makan gula dan garam, tapi aku masih bingung seberapa banyakkah “kebanyakan” itu? Aku masih belum menemukan standar yang dapat di percaya.

Sebisa mungkin aku mencounter “kebanyakan” gula dan garam itu dengan memberikan buah2an dan sayuran. Di sekolah, makan berat Sena cuma 1 atau 2 lembar roti oles. Tidak ada asupan sayur sama sekali. Makanya di rumah sebisa mungkin aku memasak sayur/ makanan berserat untuk makan malam dan sarapannya. Salah dua menu cepat saji yang biasa aku bikin untuk Sena adalah Scrambled eggs dan Sop ayam. Cara memasaknya adalah sebagai berikut:

Scrambled eggs

-Pecahkan 3 butir telor di dalam panci (jangan di aduk). Tambahkan setengah sendok makan mentega.

-Panaskan (dengan api kecil) campuran itu sambil diaduk cepat.

-Sesekali angkat panci dari kompor dan aduk di tempat lain. Panas yang tersimpan di panci  cukup untuk mematangkan telor2 itu. Setelah itu kembalikan panci ke atas kompor.

-Setelah telor menggumpal dan terlihat lembut, matikan api. Tuangkan 2 sendok makan susu sapi. Taburkan sedikit lada dan garam. Nah…. scrambled eggs siap dihidangkan. Bisa di oleskan di atas warm roasted bread.

Waktu memasak: 10 menit.

scrambled egg ala bunda Sena

Sop ayam ala bunda Sena

-Potong tipis bawang merah dan bawang putih masing2 satu siung. Potong dadu kecil wortel, kentang dan brokoli. Siapkan satu sayap ayam, sebuah telur kocok dan semangkuk kecil nasi.

-Tumis bawang dengan oilve oil, setelah layu tambahkan air secukupnya. Masukkan ayam, wortel dan kentang. Masak hingga matang dan empuk. Tambahkan brokoli dan nasi, masak hingga brokoli matang dan nasi lembut. Tambahkan kocokan telur, gula, garam dan lada secukupnya. Naaah…sop siap dihidangkan…:)

Waktu memasak: 20 menit

Alhamdulillah Sena suka, apalagi kalo dia lagi malas makan nasi. Nasi di sop ayam di masak sampai lembut pake kuah ayam jadi rasanya gurih dan ga keliatan bentuk nasi…hihi..:P

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s