Homemade makanan bayi

Semakin besar Sena semakin cepet bosen dengan makanannya. Ya iyalah, kita aja klo dsuruh makan dengan menu yang sama selama beberapa hari juga bosan hehe..:P Jadi bunda harus lebih kreatif bikin makanan Sena.
Contohnya beberapa hari lalu bunda bikin Puding Roti tawar dan siomay. Karena homemade, jadi lebih sehat, tanpa bahan pengawet dan bisa dikontrol berapa banyak penggunaan gula garamnya. Dan yang terpenting Alhamdulillah Sena suka hehe..:D
Untuk Puding Roti tawar ini resepnya:
Roti tawar d sobek-2 trus direndam sama susu sapi (plain) selama 30 menit. Meanwhile, siapkan mentega cair dan telur kocok. Setelah 30 menit, tuang mentega cair dan telur ke dalam rendama roti tawar. Aduk hingga rata. Lalu masukkan ke dalam microwave (bisa di kukus atau di oven, i don’t have both kukusan and oven so i used microwave) dan panaskan selama 2.5 menit. Keluarkan roti dan taburkan meses di atas roti (topping ini bisa dganti apa aja seperti keju parut, pisang atau buah lain). Masukkan lagi roti kedalam microwave dan panaskan selama 2.5 menit. Keluarkan roti lalu dinginkan d suhu ruang atau di kulkas. Setelah itu baru disajikan. Bisa saja disajikan hangat. Sena like both cold and warm puding…:)

puding roti coklat

Untuk siomay, ini resepnya: (semua bahan ukurannya pake ilmu kira2 dan tidak dicobain karena bunda lagi puasa hahaha..:P)
Ayam fillet dan udang di potong dadu kecil, lalu masukkan ke blender. Tambahkan bawang putih bubuk, merica, garam dan gula secukupnya lalu di blender hingga halus. Pindahkan adonan daging ini kedalam mangkok lalu tuang 1 butir telur dan beberapa sendok air es. Aduk rata lalu tambahkan cacahan daun bawang, tepung tapioka dan tepung terigu secukupnya. Aduk hingga kalis. Siapkan tahu biasa dan tahu goreng. Untuk tahu biasa potong, segitiga lalu bagian tengahnya d keruk agar jadi bolong. Tahu sisa kerukan bisa dicampurkan kedalam adonan daging. Untuk tagu goreng, gunting salah satu sisinya. Kemudian isikan adonan daging kedalam tahu2 bolong itu. Kukus hingga matang siomay2 ini bersama potongan kentang dan sayuran (brokoli, kol, dll). Tunggu hingga dingin baru dihidangkan. Nyaaaammms Sena suka 😉 Sekali makan dia bisa abis 2 buah tahu dan 2 buah kentang, Alhamdulillah.
Bunda senang bisa bikin snack mudah murah meriah yang sehat dan bergizi buat Sena..:D

tampilan somay kumplit versi ayah
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s