My little warrior, Sena..;)

Waks…terakhir nulis 11 januari lalu. Lama banget yah..kkk…:D
Dah ga pernah ngupdate perkembangan Sena, padahal tadinya mo niat nulis tiap bulan, sekalian buat catetan biar inget semua perkembangan Sena. Biar bisa diceritain ke dia pas udah gede hehe…Hiks..bunda ini pemalas sekali yah…:(
Yo wes lah, mari kita ingat-2 apa yang terjadi dari rentang waktu Januari-hari ini..:)
Sampai bulan Februari Sena masih sering sakit flu. Bahkan radang telinganya kambuh beberapa kali. Banyak cairan keluar dari kedua telinganya. Dokter masih mengatakan tidak ada masalah, nti sembuh sendiri. Mereka hanya memberi antibiotik. Alhamdulillah nafsu makan Sena tidak terganggu dengan sakitnya ini. Makin banyak buah dan sayuran yang dia makan dan tidak ada tanda-2 dia alergi. Suatu saat di akhir januari bunda sakit flu lumayan parah. Dokter memberi bunda obat yang agak keras, biar cepat sembuh trus ga nularin Sena lagi. Tapi efeknya ASI bunda berkurang drastis dan rasanya ga enak. Sena sempat muntah setelah minum ASI bunda. Padahal bunda kasih ASInya beberapa jam setelah minum obat. Akhirnya stok ASI di freezer berkurang drastis dan pada akhirnya Sena harus minum susu formula, Nutrilon. Awalnya Sena ga mau minum sufor, tapi karena haus jadi dia mau. Bunda sedih sekali ga bisa kasih ASI banyak ke Sena. Tapi alhamdulillah saat itu udah hampir 8 bulan bunda kasih ASI eksklusif ke Sena. Semoga cukup untuk melindungi tubuhnya hingga dewasa nanti..:)
Menginjak umur 8 bulan Sena full sufor, di rumah dan di sekolah. Dia tetap aktif seperti biasa dan makan banyak. Tapi ayah dan bunda sedih karena ga bisa kasih Sena sarapan pagi tiap hari, karena kami harus berangkat pagi-2 dari Den Haag ke Delft. Sena pasti kelaperan, karena baru dkasih makan di sekolah jam 9 atau 10. Makanya ayah dan bunda memutuskan untuk pindah saja ke Delft, biar Sena bisa tercukupi nutrisinya dan ga kecapekan. Alhamdulillah kami dapat offer apartemen di depan sekolah Sena. Harganya lumayan murah untuk ukuran Delft. Rumahnya juga punya 3 kamar, jadi Sena bisa punya kamar sendiri. Akhirnya kami memutuskan untuk mengambil rumah itu. Pindahan direncanakan bulan Mei, sepulang bunda dan Sena dari Indonesia.
Saat berusia 9 bulan, akhirnya dua buah gigi bawah Sena muncul. Ayah dan bunda seneng sekali. Sejak itu kemapuan Sena berkembang pesat. Dua hari sebelum berangkat ke Indonesia Sena bisa merangkak, meskipun posisinya masih salah (merangkak pake perut). Selama di Indonesia Sena berlatih keras dengan kakak sepupunya (Rara, 1.5 tahun). Rara menemaninya merangkak, bermain di lantai, mandi bersama dan berteriak-2. Dulu suara Sena lembut dan ga kenceng. Tapi setelah bergaul dengan Rara, suara Sena jadi nyaring hehe..:)
Selama di Indonesia Sena berobat ke dokter THT di RS Carolus, JakPus. Akhirnya radang telinga Sena sembuh dan dia ga pernah sakit selama di Indonesia. Mungkin karena dia mendapat cukup vitamin D dari matahari. Tapi cuaca di Indonesia sangat panas. Sena sering menangis karena kegerahan. Dia juga ga suka suasana Jakarta yang hiruk pikuk dan ramai. Jadi dia lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Bunda jarang sekali membawa Sena keluar,kecuali ke RS dan mengunjungi saudara atau teman.
Sepulang dari Indonesia, Sena makin ga betah duduk. Dia pengen belajar berdiri dan berjalan. Ayah dan bunda yang sibuk packing untuk pindahan ga punya banyak waktu untuk maen dengan Sena. Alhamdulillah ada mbah Uti yang menjaga dan menemani Sena maen. Sekarang Sena sudah bisa berdiri sendiri di boxnya dan di “tetah”. Kemampuan merangkaknya juga berkembang pesat. Posisi merangkaknya sudah benar. Mbah bilang insyaAllah bulan depan Sena udah bisa berjalan sendiri…yaaaay…can’t wait to see that…;)
Sena sekarang udah pindah ke Delft. Semoga di tempat ini Sena bisa tumbuh jadi anak yang sehat, lincah dan cerdas. Ayah dan bunda sayang Sena…*(^o^)*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s