Sena’s first growth spurt

Hari ini Senaku tepat berusia 3 minggu. Kadang masih ga percaya beberapa hari lalu dia masih berada di dalam perutku. Sekarang badannya sudah tergolek di depan mataku. Hihi..:)
Seminggu kemarin Sena mengalami yang namanya growth spurt (lonjakan pertumbuhan). Cirinya, bayi kelaperan terus. Hampir tiap jam dia minta minum, padahal sekali minum dah banyak banget, sampe dia kenyang (dia lepasin sendiri puting ibunya). Trus dia susah tidur, maunya digendong terus. Pokoknya rewel banget. Tapi setelah growth spurt selesai, dia akan tidur lama dan akhirnya jadwal minum dan tidurnya kembali seperti semula. Saat tidur itulah proses numbuh dimulai. Hormon-2 pertumbuhannya bekerja. Alhamdulillah berat badannya dah naik melebihi berat dia pas lahir. Kata petugas “posyandu” disini itu pertanda bagus..:)
Hari ini dia sudah mulai kembali ke jadwal awal. Dimulai minum susu jam 6 trus maen-2 sampe jam 9. Minum vitamin trus nyusu lagi trus bobo sampai jam 1/2. Trus bangun, nyusu lagi trus bobo sampai jam 6. Trus dimandiin, minum infacol (untuk mencegah kolik) abis itu nyusu lagi. Trus bobo lagi sampe jam 12. Tengah malam dia bangun minta minum trus bobo lagi. Nti jam 3/4 bangun lagi nyusu. Ga saklek banget sih jadwal seperti itu, kadang aku nunggu sampai dia nangis kehausan baru kususuin. Kalo dah jadwal nyusu tapi dia masih tidur, ya kubiarin, ga kubangunin..:D Kalo dia ga nangis berarti dia ga laper/haus..hihi..;)
Alhamdulillah Sena sudah melewati satu fase perkembangan dengan baik. Tinggal nunggu jadwal growth spurt berikutnya (biasanya terjadi pada minggu ke 2, 4, bulan ke 3, 6, 1 tahun). Aku juga harus siap fisik dan mental, soalnya bener-2 nguras tenaga banget nyusuin terus menerus, gendong, nidurin dan bisa stress kalo dia lagi nangis terus. Sekali lagi peran Putra (suami) sangat penting untuk melewati fase ini dengan baik. Thanks a bunch honey bunny..:D

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s