9 bulan..:D

Alhamdulillah DDBY dah berumur 9 bulan lebih. Dah pinter molet-2nya. Bikin perut bunda mleyot-2 kesana kemari hihi..:P
Bunda dah ambil cuti hamil mulai minggu ini. InsyaAllah tiap hari disempetin pergi jalan keluar, entah ke centrum, ke pasar atau ke tempat lain. Ibu hamil tua katanya harus banyak jalan biar lairannya nti lancar…amiiin.
Selasa kemarin ayah dan bunda periksa ke bidan. Bu bidan bingung karena pas dia meraba perut bunda dia ga bisa merasakan kepala DDBY. Panik lah semuanya. Bu bidan menyimpulkan posisi DDBY di perut bunda melintang. Padahal harusnya usia 9 bulan posisinya harus vertikal (kepala di bawah dan badan di atas). Bu bidan langsung nyuruh USG sesegera mungkin. Alhamdulillah dapat jadwal USG besokannya (Rabu) di RS MCH, Den Haag. Kalo ternyata emang bener melintang (posisi oblique), DDBY harus diurut, diputer posisinya dari luar. Namanya External Chephalic Version (ECV). Bunda sedih banget, dah nangis sepanjang jalan. Sempet sebel sama bu bidan karena ga meriksa pake USG lagi sehingga baru ketahuan kalo posisinya melintang sekarang (dah hampir 37 minggu). Coba tiap periksa di USG kan bisa ada pencegahan. Soalnya kalo usia janin kurang dari 36 minggu kemungkinan dia bisa muter atau diputer ke posisi yang benar lebih besar. Kalo dah 37 minggu lebih agak sulit dan riskan. Jadi pilihannya cuma sesar.
Sampai dirumah bunda langsung googling tentang hal ini (posisi oblique dan ECV). Dapet info bahwa proses memutar bayi dgn ECV resikonya lumayan besar terutama kalo tali plasenta bayi terlalu panjang atau terlalu pendek. Trus liat video ECV di youtube, huaa..perutnya diputer-2, dipijit-2 gitu. Ngebayangin DDBY di gituin bunda dah takut aja, nangis lagi deh. Salah satu hal yang bisa membantu janin berubah posisi adalah dengan cara nungging (knee-chest position) minimal 2×15 menit tiap hari. Bunda langsung rajin nungging, dilama-2in ampe pusing kepalanya. Ga papa, biar DDBY bisa muter ke posisi yang bener. Ayah langsung minta ijin lagi ga masuk kantor, biar bisa ikut pas USG. Takut kenapa-2 kalo akhirnya beneran harus ECV.
Akhirnya rabu siang ke rumah sakit. Alhamdulillah dapet bidan senior, jadi dia langsung tanggap pas ada masalah. Dia berusaha mencari kepala DDBY, hampir 15 menit ga nemu-2. Dia ampe heran, dan bilang dia ga pernah liat yang seperti ini. Ada badannya, detak jantungnya normal, ada kakinya gerak-2 tapi ga keliatan kepalanya. Akhirnya aku disuruh agak landai tidurnya, dia meriksa bagian bawah perut banget dan muncul gambar buletan. Kayaknya ini deh kepalanya. Untuk lebih meyakinkan dia masukin jarinya ke lubang “bawah” ku, dan dia merasakan benda keras disana. Ternyata kepala DDBY dah masuk ke dalam tulang pelvic (kemaluan), jadi dah di bawah banget. Alhamdulillah ternyata posisi DDBY dah bener. Cuma karena kepalanya dah ketutup tulang pelvic maka pas di raba-2 sama bidan (hari selasa) ga kerasa. Makanya dia bingung.
Ayah, bunda dan bu bidan lega sekali, ternyata DDBY kepalanya dah dibawah. DDBY emang pinter ya sayang..:) Ayah dan bunda pulang dengan hati senang dan bersyukur. DDBY ga usah diurut, meskipun posisi badannya emang masih belum bagus, tapi kalo kepalanya dah dibawah inysaAllah aman. Bunda akan rajin nungging buat bantuin DDBY benerin posisi badannya yah..:)
Akhirnya diputuskan untuk sekalian nonton premier Prince of Carribean di Pathe Spui, ngajak tante selly..:D

Advertisements

2 thoughts on “9 bulan..:D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s