Hamil: mie instant dan kopi

Pas abis dinyatakan hamil, banyak orang memberi saran padaku untuk tidak makan mie instant dan minum kopi lagi. Udah sering denger sih tentang ini. Tapi aku tetep berusaha nyari info-2 dari mbah gugel biar infonya lengkap..hehe.

MSG dan bahan pengawet dari mie instant dan kafein dari kopi bisa mempengaruhi perkembangan otak janin. Kafein juga membuat janin lebih aktif, padahal dia butuh waktu istirahat yang banyak untuk pertumbuhannya. Aktif boleh, tapi jangan terlalu aktif hehe..yang terlalu itu emang ga baik..:D

Ternyata makan mie instant selama hamil masih diperbolehkan asal tidak berlebih. Kalo mau makan mie instant, air rebusannya dibuang aja, diganti air panas. Jadi bahan pengawet yang larut di air rebusan “more or less” hilang. Trus jangan lupa menambahkan sayuran dan telor. Jadi at least mienya mengandung serat dan protein. Aku berusaha mengurangi makan mie, maksimal seminggu 1 bungkus, kadang seminggu ga nge-mie sama sekali. Tapi sering juga bikin mie/bihun/ kwetiau goreng. Tapi bumbunya bikin sendiri. Trus sayurannya banyak: kol, wortel, sawi dan tentu saja telur. Plus ga pake vetsin..;)

Tentang kopi, ternyata masih diperbolehkan juga. Batas kafein aman perhari untuk ibu hamil adalah 300 mg, setara dengan 2-3 cangkir kopi. Aku ga suka minum kopi kentel, aku suka cappuchino atau kalo minum kopi, kasih susu yang banyak hehe..:D Aku sering tergoda untuk minum kopi karena baunya yang harum. Tapi lebih sering kutahan dari pada kuturutin. Sesekali aku ke coffee room untuk mengambil se-cup kopi, tapi cuma kuciumin baunya sampe kopinya dingin trus kubuang hehe..:D Kadang kuminum juga sih, paling seminggu 1 cup, atau ga sama sekali.

Sebenarnya teh juga mengandung kafein tapi kadarnya lebih rendah dari kopi. Nah, kalo yang ini cukup banyak kukonsumsi tiap hari. Harus pake gula lagi.. d’oooh. Kadang aku bisa menghabiskan 3 gelas teh manis tiap hari. Mungkin kadar kafeinnya sama dengan kalo minum kopi yah hihi…;)) Ga tau juga. Plus kadar gulanya…haha..:))

Tapi semoga yang kumakan tidak terlalu berlebihan. Cukup untuk badanku dan bayiku. Kalo takut-2 dan terlalu memillih makanan selama hamil pun menurutku ga baik. Biarkan semua berjalan seperti biasa. Dari pada nti stress, malah bayinya ikutan stress.

Selama hamil aku cuma punya satu “pantangan” berat yaitu Kebab. Aku ga tahan bau dan rasanya. Tapi beberapa minggu lalu aku mencoba mam kebab lagi. Ga muntah sih tapi lumayan mual. Yah sudahlah, ga makan kebab beberapa bulan ga papa, masih ada rendang, bakso, soto daging, nasi pecel , capcay dll ini..hihi..:P

Satu lagi pantangan ku adalah buah-2 asem. Padahal aku harus banyak makan buah. Pas awal hamil aku bener-2 ga bisa makan jeruk, anggur dll. Cuma bisa makan pisang. Perutku jadi mules bgt, mual trus muntah. Tapi alhamdulillah sekarang aku dah bisa makan anggur dan jeruk. Triknya, aku makan buah langsung setelah makan nasi. Jadi kadar asam buah-2 itu sedikit ternetralisir oleh nasi saat diproses dalam lambung, simple nya sih gt..hihi…;)

2 thoughts on “Hamil: mie instant dan kopi

  1. aku masih belum bisa lepas dari mie instan, tapi ya dikira2 juga sih saat mengkonsumsinya. palingan 2 minggu or sebulan sekali lah. kalo kopi, sama sekali engga. bener2 dilarang ama dr obgyn. while seafood mengingat kadar polutannya, palingan cuma nyicip doang :((

    1. Iya Ratu, ga papa kok makan mie dan minum kopi, asal ga banyak2 😀 Sebenarnya seafood bagus untuk baby karena banyak mengandung Omega 3 fatty acids tapi disarankan untuk tidak mengkonsumsi ikan besar pemakan ikan kecil. Dkau bisa makan udang dan lele, Salmon dan tuna juga boleh tapi tidak terlalu banyak. But better to discuss with your doctor..;) enjoy the pregnancy, wish everything will be OK..:D

Leave a Reply

